Pages

March 8, 2009

Arsitektur dan Media Digital






Perkembangan yang terjadi pada ruang cyber dan media digital telah memicu perubahan budaya yang sangat pesat, termasuk dalam hal ini kemampuan menjelajah ruang dan waktu, sebagai media kumpulan berbagai informasi, edukasi dan hiburan bagi proses perancangan ruang juga menimbulkan sebuah pengaruh yang signifikan bagi perkembangan praktik arsitektur kontemporer. Media digital juga telah mengubah praktik arsitektur menjadi lebih mudah memvisualisasikan segala sesuatu nya pada sebuah rancangan dalam hubungannya dengan presentasi yang dilakukan oleh Arsitek dengan hadirnya computer aided drawing (CAD).
Menurut saya dalam dunia modern ini semuanya serba dimudahkan. Disini yang saya bahas hubungan antara arsitektur dengan media digital, memang benar dengan hadirnya teknologi dapat memudahkan praktik arsitektur dalam "proses" merancang. Disamping itu media digital juga membawa kemudahan dalam teknik presentasi arsitektural, namun dunia digital akan memberikan penekanan baru terhadap "proses" dalam perancangan arsitektur.


Mari kita melihat ke belakang pada waktu para perencana jaman dahulu pertama kali memakai AutoCAD R12. Pada waktu itu hasil yang didapat masih terlihat kaku tetapi dengan terobosan yang terjadi sudah membuat suatu kemudahan bagi para perencana dibandingkan dengan sebelum - sebelumnya saat mereka masih harus menggambar dengan menggunakan tinta rapido, yang harus sering - sering menahan nafas agar gambar yang dihasilkan bisa mendekati sempurna. Sejak saat itu perkembangan software - software di dunia arsitektur semakin pesat, hal itu yang menyebabkan mewabahnya penggunaan komputer dalam bidang arsitektur.

Tetapi semakin mudah pemakaian komputer tidak jarang membuat arsitek terlena. Maka dari itu kita harus mengembalikannya lagi bahwa sebenarnya komputer hanyalah merupakan sebuah sarana alat bantu. Dan secara garis besar, kemajuan teknologi harus disertai dengan kemajuan penggunanya.

3 comments:

merangkai kata memaknai cerita said...

rizka....uhuuii...aku telah mengunjungi blog kamu...
padahal kamu itu belum punya blog...
hehehehee...

siip Riz... aku setuju dengan kamu....
alat itu cuma buat ngebantu desain aja...
kita ga boleh tergantung sama alat itu....

whoookeeee Rizzz...
sekalian ajari arsi cad yeeeuuuu....

hihihiiiihiii...^^

tiwi" tiwi" said...

nunut komen iaa..
teknologi tuh emg penting bgt,bgt,,,
tp sbg arsitek, senjata utama tetaplah tangan kita kn...teknologi sbg pembantu deh

gana ganesha said...

weeew...
emang iya ya?
trus kenapa kita kemaren disuruh ngeblat pake tinta juga yaaah?
kalo emang engga digunakan lagi knapa kita harus merasakaan?
menurut anda? studio sekrang pake cad ato gmbr tangan?

Post a Comment