Pages

March 11, 2009

Terrain Map






Terrain Map as Facade adalah sebuah subbab dalam buku Spacecraft : Developments in Architectural Computing. Dalam hal ini dibahas mengenai sebuah pengembangan proposal pada multi-storey car park di penrith yang akan dikembangkan menjadi sebuah proposal pekerjaan yang dilengkapi dengan pemandangan dan kondisi topografi dari kota tersebut.


Gedung yang menghabiskan biaya sekitar 7 juta poundsterling dengan 1006 space building ini di desain oleh Lowther Manelli Properties Ltd. Keindahan dari kondisi landscape yang cukup ekstrim membuat merekan ingin membuat fasad yang di desain seakurat mungkin.
Untuk mewujudkan hal tersebut mereka membutuhkan sebuah alat presentasi dijital mengenai kondisi topografi yang akurat. Google earth tidak mempunyai resolusi tinggi yang cocok digunakan sebagai alat presentasi, maka dari itu mereka menggunakan dijital terrain map data yang bisa melokasikan sumber ketepatan.
Dari hasil yang diperoleh tersebut, kita bisa tahu bahwa dunia dijital dalam perkembangan arsitektur begitu besar. Dunia dijital telah membawa manfaat penyelesaian dalam proses rancang desain.











4 comments:

Jihana Sapta Malinda said...

kamu ngepostnya banyak banget riz???

hmm...tapi emang perlu banget tuh program2 gituan demi membantu kelancaran dunia arsitektur...lebih oke lagi kalo misalnya udah dapet 3Dnya, kita juga dapet informasi tentang keadaan di daerah itu, kaya gimana udaranya (bau apa ga, seperti diskusi kita waktu itu riz..) jadi bener2 nyata kaya kita langsung ke sitenya tapi sebenernya cuma pake komputer....

tiFa mencari dunianya said...

wahhhh riz,, makin berkembang aja ya ternyata produk2 ehh program2 yang ngebantu biar proses perancangan makin lancar,,, kayak gini nih contohnya istilahnya ga perlu turun ke lapangan tapi kita udah bisa tau gimana konturnya,, tapi eh ada tapinya,, kan ga semua data yang ditampilin dijamin akurat kan? kalau ada salah2 itung, kurang brapa angka di belakang komaaa gitu misalnya (lho?) ehh maksudnya kalu perhitungannya udah beda beberapa selisih, tar rancangannya juga bakal berubah,, kepengaruh gitu,,,
mending survey langsung,,, (tapi resiko gosong,,, wkwkwkwk!)

Fishia Yan said...

wah berarti hebat juga y software ini.

terus bagaimana dengan tingkat ketelitiannya?? mpe berapa/bagaimana?

terus berarti bagaimana cara kerjanya??data yang dipaparkan itu cukup menddekati kebenarankah??namun menurutKu keadaan topologi memang berpengaruh tapi tidak terlalu. jadi paling enak langsung survei lapangan aja.. akan lebih dapet 'feel' nya.
he...2

adinda sheila said...

software nya keren ya????
tapi apakah akurat??

Post a Comment